Cara Untuk Mengobati Dermatitis

Cara untuk mengobati dermatitis diantaranya dengan melakukan pengobatan dermatitis ini tergantung pada jenisnya. Dermatitis atau juga disebut peradangan kulit meliputi kulit kering dan gatal sampai ruam terik yang parah meskipun anda bisa dan harus mengobati gejala yang anda alami seperti dengan cara diagnosis untuk melakukan diagnosis yang tepat idealnya dengan bantuan dokter akan membantu anda untuk mengatasi sumber penyebab agar bisa mengurangi tingkat keparahan dan mencegah dermatitis kambuh lagi.


Permasalahan penyakit ini tentunya banyak permasalahan seperti bebera dokter yang menyamakan dermatitis dengan eksim sementara dokter lain menganggap seksim sebagai salah satu jenis dermatitis atau juga disebut dengan dermatitis atopik atau kronis.

Untuk cara mengobati dermatitis ada beberapa cara untuk mengobatinya diantaranya dengan cara:

1. Keramas dengan shampo anti ketombe setiap hari.
Untuk penggunaanya yaitu dengan cara cucilah rambut dan kulit kepala dengan shampo antiketombe untuk mengendalikan dermatitis sebroik. Shampo anti ketombe ini banyak tersedia di pasaran sebaba banyak jenis shampo yang efektip untuk menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan seperti seng piriton, tar atau asam salsilat. Untuk pemakaiannya yaitu dengan cara:

Jika anda tidak bisa mencuci rambut dengan shampo setiap hari mungkin kerena jenis rambut atau akses air terbatas anda bisa melakukannya seminggu sekali.

2. Diamkan shampo selama 5-10 menit.
Biarkan menyerap ke dalam kulit kepala agar efektip sebelum di bilas. Cara seperti ini yaitu cara yang paling efektip untuk mengobati dermatitis.

3. Gunakan shampo dengan pelembab setelahnya.
Menggunakan cara ini yaitu dengan cara pilihan anda sendiri bila anda khawatir shampo anti ketombe akan membuat ramput kering maka anda boleh mengulangi keramas dengan shampoo yang mengandung pelembab.

4. Lembutkan lapisan kerak dikepala dengan minyak .
Penggunaan ini dengan cara usapkan minyak zaitun atau minyak mineral hangat pada kulit kepala dan biarkan selama beberapa jam sebelum keramas. Cara ini juga bisa dilakukan untuk bayi dan juga cara ini juga cara pilihan jika anda mau menggunakan dengan cara ini.

5. Kurangi frekuensi shampo bila kondisi anda membaik.
Ketika anda menyadari ketombe sudah berkurang maka sebaiknya anda kurangi pemakaian shampo anti ketombe hingga hanya 2 atau 3 kali dalam seminggu karena frekuensi ini cukup untuk menjaga kesehatan kulit kepala anda.

6. Oleskan krim anti jamur bila kondisi ini terjadi pada bagian lain tubuh anda.
Dokter akan menyarankan krim khusus lain bila berbagai krim anti jamur tidak berhasil.

7. Konsultasikan dengan dokter bila kondisi anda tidak membaik.
Jika setelah pengobatan atau perawatan tidak sembuh juga sebaiknya anda harus konsultasi dengan dokter karena kasus-kasus yang lebih parah mungkin harus menggunakan kortikosteroid atau shampo khusus yang lebih keras akan tetapi anda harus konsultasi dengan dokter untuk mengetahui risiko penggunaan bahan-bahan ini.